Pilih Linux Atau Windows ? Berikut ini penjelasannya


 
image from google

            Teman-teman saya seringkali bertanya pada saya, lebih bagus menggunakan Ubuntu atau Windows dalam operating System. Kebetulan salah satu notebook yang sering kali saya pakai menggunakan linux, namun bukan ubuntu, saya menggunakan linux elementary, yang mana ini masih satu keluarga dari ubuntu dan merupakan pengembangan lebih lanjut dari ubuntu.
            Nah mungkin kalian bertanya kenapa saya menggunakan Linux sebagai basic operating system. Ada dua alasan kenapa saya lebih memilih linux dibandingkan dengan memilih windows, alasan pertama jujur saya ingin terlihat lebih keren dalam hal tampilan, karena tampilan elementary bisa diubah-ubah dengan kita masuk ke repositorynya. Saya menggunakan tweak untuk tampilan yang menyerupai dengan MacOs, karena jujur saya menginginkan Macbook. Alasan kedua kenapa saya menggunakan linux, karena memang saya tentunya sudah muak dengan Windows yang terus menerus update untuk perbaikan bug atau sebagainya. Selain itu juga, seringkali laptop atau pc dengan menggunakan windows lebih rentan terkena virus dibandingkan dengan linux.
            Nah alasan diata menrut saya sudah memenuhi kenala saya lebih memilih linux. Sebenarnya ada alasan lain yang mana pada saat menggunakan OS linux ini, seperti halnya lebih compatible dalam kerjaan, karena dasar dari linux ini adalah open source, artinya semua hal yang ada dalam linux bisa saja kita ubah sesuai selera kita. Bahkan hampir semua aplikasi yang kia anggap berbayar untuk digunakan di windows, pada linux itu gratis, hal ini dikarenakan pengembang linux ingin memberikan pengalaman yang total kepada para pengguna linux untuk lebih bisa mengembangkan linux itu sendiri.
            Pengembang linux membuat pernyataan bahwa siapa saja yang menggunakan lnux berhak memiliki hak cipta paten dalam pc yang dia gunakan, artinya ketika kamu menginstall linux dalam laptop kamu, itu sama halnya dengan semua yang ada dalam laptop kamu adalah total miliki kamu sendiri.
            Setelah baca artikel ini, mungkin aka nada pertanyaan dari diri kamu sendiri, apakah ada update sebagaimana windows? Jawabannya iya ada, namun tidak seberat pada windows, kebanyakan update ini hanya beberapa bagian saja, seperi halnya android, basic update yang diberikan oleh linux hanya pada system dan aplikasi. Sejauh ini saya menggunakan linux sejak tahun 2015 hingga awal tahun 2020 sampai ada suatu hal yang mengharuskan saya migrasi kembali ke windows.
            Oh iya ada satu hal yang menurut saya penting, bagi kamu yang biasa menggunakan Windows mungkin akan ada beberapa hal yang mengharuskan kamu belajar sedikit hal tentang linux ini. Selain itu juga ada beberapa aplikasi yang gak bisa dipakai di linux, dengan catatan karena linux ini bahasa programnya adalah C# dan aplikasinya yang dipakai pun bukan bereksistensi .EXE sebagaimana pada windows, jadi kamu gak akan bisa menginstall aplikasi semacam itu. Namun ada solusi lain, ada sebuah aplikasi bernama Wine atau Play On linux, kedua aplikasi ini dapat membantu kamu untuk adapat menggunakan aplikasi dengan format exe.
nah untuk tahu mengenai linux elementary ini bisa dikunjungi web berikut ini https://elementary.io/id/
            Jadi gimana? Setelah membaca uraian mengeni linux diatas, mau bermigrasi dari windows ke linux atau masih tetap menggunakan windows?

Comments